Kamis, 04 September 2008

Kemitraan

KEMITRAAN (PARTNERSHIP)

Kemampuan untuk membentuk sebuah kemitraan sangat penting bagi seorang pengusaha dalam menjalankan usahanya karena seperti pasukan perang kemitraan membentuk peleton-peleton membentuk kompi dan kompi-kompi membentuk batalyon. Jadi pada intinya seorang pengusaha yang berhasil adalah seorang yang mempunyai kemampuan untuk membentuk kemitraan/aliansi/partnership. Dibawah ini adalah contoh tentang kemitraan.
Alkisah ada sebuah perusahaan pengolahan sirop “Manis Sekali” di kota Padang Ilalang yang sudah berproduksi sejak 10 tahun yang lalu. Pemasaran sirop ini hanya sebatas Kota Padang Ilalang saja namun karena sirop ini sudah diproduksi sejak lama maka masyarakat Kota Padang Ilalang sangat mengenal merek Manis Sekali ini.
Pada suatu saat datanglah serbuan sirop bermerek “Lebih Manis Lagi” ke kota Padang Ilalang. Sirop Lebih Manis Lagi ini diproduksi oleh perusahaan berskala nasional yang distribusi dan pemasarannya ke seluruh negara mereka juga melakukan iklan di televisi nasional.Melihat keberadaan Sirop Lebih Manis Lagi ini manajemen perusahaan sirop Manis Sekali seperti kebakaran jenggot. Manajemen Manis Sekali berfikir bagaimana cara bertarung dengan saingannya yang mempunyai kekuatan super tersebut sedangkan kalau tidak melakukan tindakan apapun sama saja seperti tubuh terkena kanker ganas pelan dan pasti pendapatan sirop Manis Sekali akan berkurang dan mungkin pada akhirnya akan bankrut sebuah dilema yang banyak dialami perusahaan kecil.
Setelah berfikir panjang akhirnya manajemen Manis Sekali menempuh jalur kemitraan dengan perusahaan nasional lain. Kemitraan ini dibentuk dengan cara membentuk sebuah perusahaan baru dimana manjemen Manis Sekali mempunyai tugas untuk memproduksi sirop sedangkan mitranya mempunyai tugas distribusi pemasaran keseluruh Indonesia dan promosi di media cetak dan elektronik. Setelah perusahaan baru terbentuk dengan segala fasilitasnya yaitu perusahaan sirop Raksasa Manis Sekali maka Raksasa Manis Sekali siap untuk bertempur melawan perusahan sirop Lebih Manis Lagi.

Tidak ada komentar: