Selasa, 02 September 2008

MENDADAK INVESTOR

MENDADAK INVESTOR

Kalau boleh dikatakan investasi itu seperti main sepak bola artinya persiapan bertemu dengan kesempatan/peluang . Setiap pemain bola selalu bersiap untuk menendang bola ke gawang lawan begitu ada kesempatan bola yang bagus maka segera ia menendang bola ke gawang lawan sehingga menciptakan gol. Hukum persiapan dan kesempatan ini berlaku juga untuk investasi kita harus bersiap setiap dalam arti menyisihkan uang untuk investasi saat karena begitu ada kesempatan segera investasi kita lakukan. Berikut ini ada beberapa contoh bisnis mendadak atau “mendadak investor”. Dimana persiapan bertemu dengan kesempatan.

Pedagang Handphone.
Iwan seorang teman saya kebetulan berdagang voucer hand phone kecil-kecilan. Pada suatu hari ada seorang nasabah tetapnya ingin menjual hand phone dengan harga yang cukup murah kepada Iwan namun Iwan pada saat itu tidak mempunyai uang untuk membelinya padahal kalau pada saat itu dia beli dia mendapat keuntungan yang lumayan.
Melihat kesempatan ini Iwan menghubungi saya melalui telepon untuk melakukan kerjasama dengan saya untuk membeli handphone tersebut. Saya kemudian melakukan transfer sejumlah uang yang diminta Iwan kemudian Iwan membeli hand phone dari nasabahnya tersebut. Sehari kemudian hand phone tersebut terjual kepada nasabah Iwan yang lain nah hasil keuntungan tersebut kemudian dibagi antara Iwan dengan saya biar pun sedikit tetapi saya sebagai investor merasa puas karena kesempatan untuk berinvestasi tidak terbuang.
Menurut saya banyak investasi mendadak seperti toko handphone ini seperti toko komputer dalam hal ada pesanan, pedagang kue dalam hal ada pesanan hari raya keagamaan.

Penjahit Pakaian
Ibu Juju adalah penjahit usaha jahitan ini sudah cukup lama dilakukannya pada suatu hari ada seseorang yang memesan untuk menjahit beberapa ribu bendera partai kepada ibu Juju. Dalam hati ibu juju berkata sayang kesempatan ini dilewatkan karena keuntungan yang akan diperoleh lumayan besar lagi pula ia sudah lama mendalami usaha jahitan sehingga seluk beluk jahitan sudah sangat dipahaminya lalu kemudian ia berfikir untuk meminta pinjaman
1. Pinjaman Bank untuk meminjam uang dari bank tidak lah mungkin karena tidak mungkin bank memberikan waktu dengan sangat singkat,
2. Pinjam kepada keluarga /saudara wah selidik punya selidik mereka sedang tidak mempunyai uang.
3. Pinjam kepada rentenir bunganya sangat tinggi bukan untung yang diperoleh malah buntung deh nanti jadinya.
Sebagai investor inilah kesempatan dan jika anda telah memiliki persiapan anda tinggal mengeksekusi kesempatan ini menjadi sebuah gol anda dapat bekerja sama dengan ibu Juju untuk meraih kesempatan pesanan bendera ini. Kemungkinan kerjasama tersebut dapat berupa:
- Kerjasama Berupa Uang Murni dalam arti memberikan dana kepada ibu Juju dengan sistem bagi hasil.
- Kerjasama Berupa Uang dan Peralatan berarti jika anda memiliki uang terbatas tetapi anda memiliki peralatan jahit
- Kerjasama Berupa Uang dan Tenaga berarti anda memberikan uang juga ketrampilan anda untuk menjahit
Ingat “Banyak Silaturahmi banyak rezeki” anda tidak mungkin menjadi investor jika anda tidak menjalin silaturahmi terlebih dahulu dengan calon partner anda.

Tidak ada komentar: